Penyakit Infeksi

Penyakit Infeksi

 Penyakit Infeksi

Penyakit Infeksi – Penyakit Infeksi Infeksi Ada di Sekitar Kita, Kenali Penyebabnya Cegah Penularannya!

TAHUKAH ANDA?

  • Ada banyak sekali jenis mikroorganisme di sekitar kita, namun hanya beberapa jenis yang mampu menimbulkan penyakit pada individu yang sehat.  Mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit adalah kuman atau pathogen.  terjadi karena adanya interaksi beberapa kuman dengan sistem pertahanan tubuh host (inangnya).
  • Untuk memastikan kelangsungan hidupnya, kuman perlu terus-menerus menginfeksi individu yang lemah. Oleh karenanya, keberhasilan proses invansi kuman bergantung pada berbagai faktor dari tubuh kita, seperi usia, genetik, jenis kelamin, ras, status gizi dan apakah tubuh sudah kebal terhadap kuman tertentu.
  •  memiliki gejala yang berbeda – beda. Gejala yang umum ditemukan pada meningkatnya suhu tubuh atau terjadi demam.  perlu diketahui jenisnya agar dapat ditangani dengan tepat.
Penyakit Infeksi

Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain. Orang yang sehat harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita penyakit dari golongan ini.
Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan jasad hidup (organism). Kuman-kuman ini menyebar dengan berbagai cara dan vector.
A. Contoh-contoh

  • Penyebab penyakit adalah bakteri (jasad renik dan kuman)
  • TBC : ditularkan memalui udara
  • Tetanus : melalui luka yang kotor
  • Mencret : lalat, air dan jari yang kotor Pneumonia :
  • lewat batuk (udara)
  • Gonorrhea dan sifilis : hubungan kelamin
  • Sakit telinga : dengan selesma (masuk angin dan pilek)

Ibu kepada janin yang dikandungnya, yaitu melalui plasenta atau didapatkan dari vagina ibu ketika bayi dilahirkan.
Binatang kepada manusia, yaitu melalui cakaran atau gigitan hewan yang ditemui atau hewan peliharaan yang telah terinfeksi. Anda juga bisa terinfeksi toksoplasmosis ketika membersihkan kotoran kucing peliharaan.
Penyebaran  secara tidak langsung bisa terjadi karena kuman dapat tetap hidup pada benda-benda, seperti keran, gagang pintu, atau permukaan meja yang telah tersentuh oleh penderita menular. Cara penyebaran lainnya adalah:

Makanan dan air yang terkontaminasi kuman, misalnya bakteri coli yang hidup pada daging yang tidak dimasak atau tidak diolah dengan baik, atau Hepatitis A akibat sanitasi yang buruk saat mengolah makanan maupun minuman.
Gigitan serangga, misalnya nyamuk, kutu maupun kutu rambut yang menggigit penderita lalu menggigit Anda. Skabies misalnya, tungau ini bisa menyebabkan kudis yang perlu diwaspadai karena dapat mewabah dengan mudah pada komunitas yang tinggal bersama seperti di asrama atau pesantren.

FAKTA NYATA!

  • Kekebalan tubuh memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Kita harus memelihara kekebalan tubuh, agar tidak mudah jatuh sakit akibat kuman yang ada di sekitar kita. Misalnya dengan mengkonsumsi bahan alam yang berkhasiat memelihara kekebalan tubuh.
  • Salah satu bahan alam berkhasiat yang telah dikenal sejak zaman kuno sebagai terapi berbagai mikroba adalah Bee Propolis. Bee Propolis adalah campuran getah pohon dan sekresi lebah.
  • Kombinasi kandungan flavonoid dan komponen aromatik pada Bee Propolis membuatnya mampu menghalau beragam jenis mikroorganisme.

Klik link ini juga ya !!!

Cara mengatasi infeksi dengan suplemen 

%d bloggers like this: